PPIH Mantapkan Persiapan Pemberangkatan JCH Gorontalo

... Suasana rapat pemantapan keberangkata JCH yang berlangsung di EHA Gorontalo.

GORONTALO (gorontalo.kemenag.go.id) – Panitia Penyelenggaran Ibadah Haji (PPIH) Provinsi Gorontalo konsolidasikan Pemantapan Persiapan Pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) musim haji 1440H/2019M, Kamis (18/7/19) yang berlangsung di Embarkasi Haji Antara (EHA) Gorontalo.

Hadir pada rapat tersebut selain Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo (Kakanwil Kemenag) Hamka Arbie dan Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (Kabid PHU) Mahmud Bobihu juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim, unsur dari Dinas Perhubungan Darat, Dinas Kesehatan, KKP, Imigrasi, Kantor Pos bahkan Angkasa Pura Gorontalo dan Makasar beserta unsur terkait lainya yang terlibat dalam pemberangkatan dan pemulangan para JCH asal Provinsi Gorontalo.

Pada kesempatan itu, Plt. Kakanwil Hamka Arbie mengatakan rapat koordinasi kali ini selain membahas terkait hal teknis pemberangkatan JCH ke tanah suci Mekkah maupun pada saat pemulangan di tanah air, rapat seperti ini tentu dipandang penting untuk dilaksanakan demi meningkatkan pelayanan serta perlindungan terhadap para JCH saat akan melaksanakan ibadah haji. Olehnya itu bukan hanya melibatkan Kemenag saja namun juga Kemenag bersama Pemprov beserta instansi terkait lainnya yang terlibat juga diharuskan saling berkoordinasi.

“Mengingat jadwal keberangkatan para JCH berbeda beda dari Embarkasi Haji Antara Gorontalo menuju Embarkasi Haji Makasar, tentu memerlukan koordinasi yang baik antar instansi terkait yang terlibat langsung dalam proses pemberangkatan sehingga proses keberangkatan dan penjemputan JCH bisa berjalan dengan baik dan lancar,” kata Hamka.

Sementara itu Kabid PHU Kemenag Gorontalo, Mahmud Bobihu menyampaikan, terkait dengan kesiapan dan persiapan Asrama Haji bagi para JCH, para panitia jauh sebelumnya sudah melakukan pembersihan fasilitas yang ada di Asrama Haji untuk para tamu Allah yang akan diberangkatkan ke tanah suci nanti.

“Persiapan dan kesiapan para panitia yang tergabung dalam pemberangkatan para JCH yang terbagi menjadi tiga kloter ini, Insya Allah semua fasilitas yang ada di Asrama Haji sudah mencapai 100% dan siap digunakan oleh para JCH Gorontalo,” ucapnya. (Ayiz/B@im)