72 Jemaah Haji Kabupaten Pohuwato Bertolak Menuju EHA Gorontalo dan Tanah Suci

...

POHUWATO (kemenag.go.id) –  Usai melaksanakan Sholat Jumat sebanyak 72  jemaah haji (JH) Kabupaten Pohuwato diberangkatkan dengan resmi  oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pohuwato menuju Embarkasi Haji Antara (EHA) Provinsi Gorontalo, bertempat di Masjid Agung Baiturrahim Kabupaten Pohuwato, Jumat (26/7/19).

Pada kesempatan tersebut Bupati  Pohuwato Syarif Mbuinga tak henti hentinya menyampaikan pesan kepada jemaah haji tentang pentingnya menjaga kesehatan dalam pelaksanaan ibadah haji, mengingat  peleksanaan ibadah haji memerlukan tenaga yang prima sehingga dapat melaksanakan dan menyelesaikan ibadah haji dengan baik. Tentunya hal ini merupakan tanggung jawab jemaah haji itu sendiri dalam menjaga kesehatannya.

“Yang paling penting dalam pelaksanaan ibadah haji ini adalah kesehatan, sebab ibadah haji selain sebagai perjalan spiritual, juga perjalanan fisik. Dan kalau fisik kita tidak kuat, tentulah pelaksanaan haji itu sendiri akan terganggu dan tidak sempurna. Sekali lagi pesan saya, jaga kesehatan bapak ibu,” ujar orang nomor satu di Kabupaten Pohuwato tersebut.

Syarif juga menitipkan harapan kepada jemaah haji asal Kab. Pohuwato untuk selalu mendoakan keluarga yang diinggalkan, serta mendoakan Kabupaten Pohuwato akan dijauhkan dari bencana, dijaukan dari pertikaian dan permusuhan yang akan  mengganggu  keamanan dan kedamaian yang ada Kabupaten Pohuwato. 

"Selamat jalan dan selamat menunaikan ibadah haji, semoga meraih haji mabrur. Doakan kami pula disini, doakan agar aman dan damai," tukasnya.

Sementara itu Kepala Seksi (Kasie) Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Kab. Pohuwato Fahry Djafar  menerangkan, jemaah haji asal Kapupaten Pohuwato akan menuju Embarkasi Haji Antara (EHA) Provinsi Gorontalo usai pelaksanaan Sholat Jumat  dan rencananya akan diterima oleh  Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH)  EHA  Gorontalo Pukul 18 Wita.

"Semoga perjalanan ibadah haji ini akan dimudahkan tanpa kendala, Insya Allah mereka akan dibertolak dari Pohuwato ba’da Sholat Jumat, dan sesuai rencana akan diterima PPIH EHA Gorontalo pada pukul 18.00 Wita. Kemudian jemaah haji asal Pohuwato yang tergabung dalam kloter 29 ini akan berangkat menuju tanah suci Mekkah melalui bandara Hasanuddin Makassar pada hari Sabtu (27/7/19) tengah malam," terang Fahry. (Voger/R@ja)