Air Zamzam Jamaah Haji Gorontalo Tiba di EHA

...

GORONTALO (kemenag.go.id)---Sebanyak 1.195 jerigen air zamzam diterima Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) melalui PT POS Indonesia di Embarkasi Haji Antara (EHA) Gorontalo, Senin (29/7/19).

Menurut Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) H. Mahmud Y. Bobihu, air  zamzam yang merupakan jatah setiap jamaah haji ini selanjutnya akan didistribusikan ke jamaah melalui Kantor Kementerian Agama Kabupaten dan Kota.

“Setibanya di EHA ini, air zamzam akan dicek terlebih dahulu oleh PPIH sebelum didistribusikan ke jamaah,” tutur Mahmud.

Kabid PHU sekaligus Wakil Ketua PPIH ini mengatakan, setiap jamaah akan mendapatkan air zamzam yang dikemas dalam jerigen ukuran 5 liter. Menurutnya pula, kemasan air zamzam akan diperiksa oleh PPIH EHA Gorontalo.

“PPIH akan menghitung dan memeriksa kemasan serta membagi sesuai jumlah jamaah per Kabupaten dan Kota. Hal ini dilakukan agar barang yang diterima tepat jumlah dan tidak rusak,” ungkap Mahmud.

“Adapun pada saat penerimaan air zamzam ditemukan kekurangan jumlah atau kerusakan pada kemasan maka akan segera dikoordinasikan dulu ke pihak pengiriman, sehingga pendistribusian ke jamaah tidak terganggu dan tepat sesuai waktu yang telah direncanakan,” lanjutnya.

Kebijakan ini dilakukan untuk menghindari penumpukan jemaah saat mengantri pembagian saat kepulangan selesai melaksanakan ibadah haji. Pendistribusian ini juga dinilai dapat memudahkan jamaah agar tidak kerepotan membawa air zamzam langsung dari Arab Saudi dan tidak berpotensi mengganggu penerbangan.

“Mengingat pembatasan berat maksimal bagasi dan larangan memasukkan air zamzam ke dalam bagasi yang diterapkan oleh maskapai, maka Pemerintah telah mengupayakan setiap jamaah tetap mendapatkan air dimaksud dengan ketentuan yang sudah diatur,” tandas Mahmud. 

“Untuk itu, jamaah tidak perlu khawatir tentang air zamzam. Mereka masih di Arab, air zamzam sudah berada di Gorontalo. Tentunya, waktu dan jadwal pembagiannya menunggu dulu para “Tamu Allah” tiba di Gorontalo,” tutup Mahmud.

penulis     : b@im
editor     : b@im
sumber    : PPIH EHA Gorontalo