Beri Motivasi, Plt. Kakanwil Paparkan Paradigma Baru Humas Pemerintah

...

GORONTALO (kemenag.go.id) – Dalam rangka peningkatan kualitas publikasi lembaga, Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah (Plt. Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Gorontalo H. Hamka Arbie memberikan motivasi bagi seluruh tenaga humas di lingkup Kemenag Gorontalo.

Dorongan motivasi tersebut disampaikan Hamka saat membuka dan memberikan materi pada kegiatan Orientasi Kehumasan dan Capacity Building di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo, yang diinisiasi Sub Bagian Informasi dan Hubungan Masyarakat (Humas), (15/8/19) di Hotel Grand Q Kota Gorontalo.

Didampingi Kepala Sub Bagian Inforamsi dan Humas H. Hamdan Zain, Hamka Arbie menjelaskan Paradigma Baru Humas Pemerintah terdiri dari enam point penting. Yang pertama adalah Inovatif. Penyelenggara humas atau pejabat publik selalu mengemukakan inovasi yang kreatif dalam mengemas isu dan penyampaian ke publik.

Yang kedua Adaptif, yaitu penyelenggara humas dan pejabat publik harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan komunikasi serta memahami isu strategis sejalan dengan kebijakan.

Point ketiga adalah yang harus diperhatikan tenaga humas adalah Responsif. “Humas harus cepat tanggap sekaligus merespon terhadap aspirasi publik dan perkembangan isu di masyarakat,” jelas Hamka.

Yang keempat lanjut Hamka, Humas juga harus Kekinian, yaitu pesan dan saluran dalam penyampaian konten selalu segar mengikuti perkembangan jaman dan keinginan publik serta mudah dipahami.

“Point berikut yang tidak kalah penting adalah Konvegensi atau penyampaian pesan tidak monoton serta terpaku pada satu saluran saja. Optimalkan segala bentuk kemasan dan saluran yang ada, termasuk sumber daya individu pegawai Kemenag,” paparnya.

Sedangkan point terakhir menurut Hamka adalah Validitas Data. Sebab dukungan data valid akan meningkatkan tingkat kepercayaan publik sekaligus menjadi kekuatan dari setiap konten yang disampaikan,” pungkasnya. (mar/hms)