Humas Goes To Madrasah, Siswa MTsN 1 Boalemo Pelajari Jurnalistik

... Kepala Subag Inmas Hamdan Zain mengenalkan prosesi pembuatan berita kepada tim jurnalistik MTsN 1 Boalemo di ruang Inmas Kanwil Kemenag Gorontalo, Jumat (20/09/19).

GORONTALO (kemenag.go.id) – Sub Bagian Informasi dan Hubungan Masyarakat (Subbag Inmas) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Gorontalo dikunjungi tim jurnalistik Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Boalemo, Jumat (20/9/19).

Kedatangan 10 siswa turut didampingi Guru dan Karyawan MTsN 1 Boalemo, yakni Zulkifli Mantulangi, Syahril Nur,dan Rahim Balaga dan disambut Plh Kabid Pendidikan Madrasah Nansi Zakaria dan Kepala Subag Inmas Hamdan Zain beserta pelaksana Subag  Inmas.

“Biasanya yang datang berkunjung di ruangan ini hanya kalangan para kontributor dan awak media massa. Hal ini menjadi menarik, karena ada sekelompok siswa datang untuk belajar seluk beluk jurnalistik, khususnya pemberitaan di lingkungan Kementerian Agama,”  ungkap Hamdan disela penerimaan.

Komandan Humas di lingkungan Kanwil Kemenag Gorontalo ini memberikan apresiasi kepada jajaran MTsN 1 Boalemo yang telah melakukan inovasi melibatkan siswanya untuk mendalami ilmu kehumasan.

“Ini merupakan satu inovasi dan kreativitas yang luar biasa untuk level siswa. Humas Goes To Madrasah sudah mulai kami gencarkan melalui rangsangan komunikasi kepada para kontributor, dan Alhamdulillah, MTsN 1 Boalemo telah mengawalinya dengan observasi dan belajar langsung di sini (Kanwil),” ujar Hamdan.

“Banyak hal kami anggap perlu dikembangkan di madrasah, termasuk kreativitas siswa dalam menulis. Bahkan kami harap siswa bukan sekedar mampu mengolah informasi yang terjadi di madrasahnya, tapi bisa menciptakan karya-karyanya melalui artikel, puisi, cerpen, buku, dll yang itu nantinya bisa bermanfaat bagi para pembaca,” imbuhnya.

“Untuk itu, kami berikan apresiasi atas usaha ini. Semoga dengan publikasi yang kontinyu terkait aktivitas madrasah ke khalayak dapat mendongkrak kepercayaan masyarakat sebagaimana yang selalu digaungkan Madrasah Hebat Bermartabat. Dengan inovasi ini maka Humas bisa terus mempublikasikan. Humas?, Together We Can,” tutup Hamdan.

Senada hal itu, Nansi Zakaria turut mengapresiasi langkah maju MTsN 1 Boalemo. Pelaksana harian (Plh) Kabid Pendidikan Madrasah ini berpesan para siswa mempersiapkan diri untuk belajar membuat berita sebagaimana kriteria yang sudah ditetapkan oleh Humas Kanwil Kemenag.

“Menulis berita bukanlah hal yang mudah, karena ada kriteria-kriteria yang perlu diperhatikan. Untuk itu perlu belajar agar jangan sampai pemberitaan bisa memprovokasi dan tidak layak dipubliskan,” kata Nansi Zakaria.

Penyambutan yang berlangsung di ruang kerja Kepala Subag Inmas ini merupakan hal pertama kali dilakukan dan berlangsung sangat antusias. Siswa menyaksikan langsung proses editorial konsep berita yang dilakukan para editor, masing-masing Rahmad Djaya Pakaya, Ayisman Taguge, Umar, Dinda Daun, Dewi Anarsi Ibrahim dan Ibrahim Rauf. Disamping itu, para siswa diberikan pemahaman karakteristik pemberitaan dan proses penayangan pemberitaan di laman/website Kanwil Kemenag Gorontalo, dan diakhiri dengan saling menyerahkan cinderamata.


Penulis     : ayiz/b@Im
Editor     : b@Im
Sumber    : Humas Kanwil Kemenag Gorontalo