Tampilkan Video Testimony, Peserta Latsar MTsN 1 Boalemo Sukses Pukau Penguji

...

BOALEMO (kemenag.go.id) -- Peserta Pelatihan Dasar (latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 melakukan seminar laporan hasil aktualisasi atau On Campus 2 bertempat di Hotel Horison Gorontalo, Rabu (4/12/19). Seminar hasil aktualisasi yang dimentori langsung oleh Kepala Madrasah (Kamad) Sitti Chadijah Djafar Ishak ini merupakan puncak dari masa habituasi yang berlangsung selama 30 hari. 

Zulkifli Mantulangi adalah seorang Guru Bahasa Inggris yang merupakan peserta latsar terkakhir dari angkatan XV yang sukses memukau penguji, coach dan juga mentor saat memaparkan hasil aktualisasinya yang bertajuk Peningkatan Kemampuan Vocabularies Peserta Didik Melalui English Club di Kelas VIII-5 di MTsN 1 Boalemo. 

Baik mentor, penguji dan juga coach memperikan apresiasi setinggi-tingginya atas apa yang telah dilakukan selama masa habituasi. Apalagi dalam paparan aktualisasi ini dilengkapi dengan video testimony siswa yang mengaku senang dengan metode yang ditawarkan Zulkifly.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan habituasi yang dilakukan oleh Zul. Karena dengan program yang dijalankan ini, dapat membantu peserta didik dalam hal pembelajaran. Harapan saya selaku mentor dan juga kepala madrasah, program ini terus dijalankan dan jika memungkinkan skala yang lebih besar dan luas lagi, sehingga nantinya seluruh civitas akademik MTsN 1 Boalemo mempunyai basic Bahasa Inggris yang bagus,” ungkap Sitti.

Rachmat Domu, selaku penguji pun tak ketinggalan memberikan apresiasi atas hasil aktualisasi yang telah dilaksanakan guru Bahasa Inggris tersebut. 

“Jika saya melihat dari laporan hasil aktualisasi dan juga testimony yang diberikan oleh 3 sumber yang berbeda yakni para siswa, rekan sejawat dan juga kepala madrasah, ini membuktikan bahwa anda berhasil menjawab tantangan yang saya berikan saat seminar rancangan aktualisasi lalu dan saya bangga akan hal itu,” jelas Rachmat.

Lebih lanjut lagi, Irma Bulow selaku coach meberikan pertanyaan yang berbeda dari yang lain, yaitu pertanyaan dalam Bahasa Inggris.

“Could you explain us what is the purpose and benefit of your program?” tanya Irma.
“The main goal of my program is to provide students with basic skill in English. So, they have something that will help them to compete to the next level. Besides, with the ability they have, it will give them chance to go abroad,” jawab Zul dengan penuh percaya diri.

“-Boleh tolong jelaskan apa fungsi dan manfaat program anda?
-Tujuan utama dari program saya adalah untuk memberikan keterampilan dasar kepada peserta didik, sehingga mereka mempunyai bekal untuk bersaing pada level pendidikan selanjutnya. Selain itu, dengan kemampuan yang mereka miliki, itu akan membantu mereka untuk mengenyam pendidikan di luar negeri). (@zulman/lis/mar)