Guru MTsN 1 Boalemo Beri Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris

... Zulkifli Mantulangi saat melakukan sharing tentang Bahasa Inggris ke beberapa anggota English Club MTsN 1 Kota Gorontalo

BOALEMO (kemenag.go.di) – Organiasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Boalemo melakukan Study banding program kerja di MTsN 1 Kota Gorontalo, Jumat (24/1/20) bertempat di Aula Asrama MTsN 1 Kota Gorontalo. Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MTsN 1 Kota Gorontalo tampak antusias menyambut kedatangan mereka.

Pada kunjungan tersebut salah satu guru pendamping MTsN 1 Boalemo Zulkifli Mantulangi tertarik pada progran English Club yang ada di MTsN 1 kota. Zulkifli mengaku program tersebut sangat menarik dan sebagai wadah ntuk memudahkan siswa untuk belajar Banaha Inggris.

“Ini sangat menarik, English Club ini menjadi topik aktualisasi saya pada saat Pelatihan Dasar (latsar),merasa tertarik dengan program tersebut bukan karena saya merupakan Guru Bahasa Inggris di MTsN 1 Boalemo, melainkan wadah untuk memudahkan siswa belajar bahasa inggris,” ungkapnya.

Zulkifli pun memberikan tips dan trik untuk belajar bahasa inggris yakni dengan memperbanyak penguasaan kosa kata, memanfaatkan telepon pintar (Smartphone) sebagai sarana pembelajaran pula serta menonton tayangan yang berbahasa inggris.

“Belajar Bahasa Inggris itu mudah. Hal utama yang harus dilakukan adalah niat. Kemudian, perbanyak penguasaan kosa kata. Ini hal yang menjadi dasar dalam Bahasa Inggris. Bagaimana memperbanyak penguasaan kosa kata? Mengubah pengaturan Bahasa di Handphone menjadi Bahasa Inggris, memperbanyak menonton tayangan yang berbahasa Inggris dan yang paling penting adalah praktik,” terang Zul.

“Dengan belajar dan menguasai Bahasa Inggris, ini merupakan langkah awal kalian untuk melihat dunia. Bukan tidak mungkin, dengan kemampuan Bahasa Inggris yang baik secara lisan dan tulisan, teman-teman tidak canggung berkomunikasi dengan turis asing dan hal yang paling menarik adalah bisa mengenyam Pendidikan di luar negeri,” tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Organisasi English Club MTsN 1 Kota Gorontalo Aulia Nisfatuzahra Biki menjelaskan English Club bukan sekedar tempat untuk memperluas jaringan pertemankan, melainkan sebagai wadah untuk menambahwawasan tentang bahasa inggris. Olehnya itu, Aulia memilih English Club sebagai sebagai organisasi yang dia minati.

“Saya memilih English Club, karena memang saya suka dengan pelajaran Bahasa Inggris. Disamping untuk menambah wawasan tentang Bahasa Inggris itu sendiri, melalui English Club ini juga saya bisa memperluas jaringan pertemanan saya,” tandasnya. (zulman/lis/mar)