Lomba Menulis Esai, Siswa MAN 1 Kabgor Masuk Nominasi

... Finalis Lomba Sayembara Esai Rahmijati Awards foto bersama dengan Ibu Rahmijati Yahya didampingi mantan Bupati Kab. Gorontalo David Bobihoe Akib.

KABGOR (kemenag.go.id) – Lomba menulis Esai yang diperuntukkan bagi siswa SMA/SMK/MA sederajat yang digelar Lembaga Rahmijati Center, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Gorontalo (Kabgor) berhasil masuk dalam 6 nominasi finalis.

Lomba yang diselenggarakan, Rabu (08/07/2020)  di Hantaleya Café Limboto tersebut mengusung tema “Membangkitkan Generasi Gorontalo Unggul Abad 21” dan diikuti 60 orang peserta. Saat dihubungi awak humas, Pembina Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) Ozava MAN 1 Kab. Gorontalo Supadmi menuturkan, Esai adalah salah satu karangan non–fiksi yang membahas masalah sepintas dari sudut pandang pribadi penulis.

“Tulisan pada lomba Esai ini harus logis dan bisa dipahami orang. Argumen yang disajikan juga harus didukung oleh fakta, sehingga Esai tidak menjadi tulisan fiktif. Berangkat dari situ, pendampingan dan pembimbingan terus kami upayakan, agar peserta didik lebih bisa memahami isi tulisan pada karyanya. Olehnya, keberhasilan salah seorang anggota KIR Ozava atas nama Rangga S. Boderingan adalah buah dari hasil kerja keras yang telah kami lakukan bersama,” tutur Supadmi.

Supadmi juga menjelaskan, tahapan lomba Esai tersebut sudah dimulai sejak bulan April kemarin, dan nantinya akan berakhir pada tanggal 25 Juli 2020, ditandai dengan penganugerahan Rahmijati Awards bagi para pemenang.

“Untuk tahapan lomba ini sudah dimulai sejak bulan April dan akan berakhir pada 25 Juli 2020. Nantinta bagi para pemenang yang akan dianugerahi Rahmijati Awards,” terangnya.

Sementara itu anggota KIR Ozava, Rangga S. Boderingan saat dikonfirmasi awak humas via whatssapp mengungkapkan, dirinya merasa bahagia dan bersyukur bisa mendapatkan kesempatan mempresentasikan naskah yang telah disusunnya. Dirinya tak menyangka bisa lolos dalam 6 nominasi finalis, dari 60 peserta yang mengikuti lomba Esai tersebut.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur mendapat kesempatan mempresentasikan karya saya didepan dewan juri hari ini. Begitupula ketika mengetahui saya bisa menyisihkan 60 peserta lainnya yang tak kalah hebatnya. InsyaaAllah hasil presentasinya dapat membawa saya untuk memperoleh anugerah dalam ajang Lomba Menulis Esai Rahmijati Awards tahun 2020 ini,“ tulis Rangga di chat whatsapp.

Menilik prestasi yang kembali ditorehkan peserta didiknya, Kepala MAN 1 Kab. Gorontalo, Rommy Bau juga berikan apresiasi kepada Rangga yang telah mengharumkan nama madrasah. Menurutnya, menulis Esai menjadikan seseorang bisa berpikir secara logis, dan memiliki banyak argumen ilmiah, serta berbagai pertimbangan dalam menemukan solusi melalui observasi kontekstual yang berhubungan dengan kehidupannya.

“Terima kasih kepada pembina dan KIR Ozava MAN 1 Kab. Gorontalo atas prestasinya dalam mengharumkan nama madrasah kita ini. Insyaa Allah prestasi ini akan mampu memotivasi peserta didik lainnya untuk berkarya, sehingga akan lahir Rangga yang baru dengan segudang prestasi yang dicapainya,” pungkas Rommy. (Vhany-Kom/raya/R@ja)