Seleksi Parlemen Remaja DPR-RI 2020, Siswi MAN 1 Kota Lolos ke Tingkat Nasional

... Foto Enjelita, siswi MAN 1 Kota yang mewakili Provinsi Gorontalo di tingkat nasional dalam ajang pemilihan Parlemen Remaja DPR-RI 2020, sedang menulis esai di rumahnya.

Kota (kemenag.go.id) – Enjelita Desiana Lumula, siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Gorontalo lolos ke tingkat Nasional dalam ajang pemilihan parlemen remaja (Parja) yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (Sekjend DPR-RI). Kegiatan parlemen remaja tingkat nasional tersebut akan dilaksanakan secara virtual pada tanggal 2 hingga 6 November 2020 mendatang.

Sebelum lolos ke tingkat Nasional, Enjelita mengikuti rangkaian proses seleksi dan bersaing dengan peserta lainnya selama dua pekan (15-30/9/2020). Rangkaian proses seleksi yang diikuti Enjel dimulai dengan memasukkan curriculum vitae (CV), membuat video, hingga menulis esai. Kemudian, pada Kamis (5/10/2020) kemarin Enjelita diumumkan sebagai peserta terbaik dan mewakili provinsi ke tingkat nasional bersama 1 peserta lainnya dari MAN 1 Kabupaten Gorontalo.

Terkait dengan kegiatan yang diikutinya tersebut, Tim pemberitaan melalui sambungan telepon MAN 1 Kota menghubungi Enjelita lewat telepon selular mengatakan, mekanisme dan proses seleksi untuk bisa lolos ke tingkat nasional dilaluinya dengan perjuangan dan semangat yang tinggi karena persaingan demikian ketat. Enjelita juga menambahkan, keikutsertaannya dalam seleksi tersebut selain untuk memperluas wawasan tentang politik, juga untuk menguji kemampuannya bersaing dengan peserta lain.

“Alhamdulillah lolos dan terpilih sebagai perwakilan parlemen remaja DPR-RI mewakili Provinsi Gorontalo. Memang proses seleksinya cukup susah bunda, terutama membuat video dan menulis esai, belum lagi, pesertanya berasal dari seluruh Provinsi di Indonesia. Tapi alhamdulillah prosesnya bisa dilalui juga dan alhamdulillah lolos,” ungkap Enjelita.

Mendengar kabar tentang lolosnya Enjelita dalam ajang pemilihan Parja DPR-RI, Kepala Madrasah Waris Masuara mengucapkan syukur dan selamat kepada ananda Enjel atas prestasi yang diraihnya. Dirinya berharap, prestasi yang diperoleh Enjelita menjadi motivasi bagi seluruh peserta didik MAN 1 Kota dalam meningkatkan minat dan semangat belajar demi terwujudnya peserta didik yang cerdas, berwawasan luas, bermartabat dan berakhlakul karimah.

“Alhamdulillah saya bersyukur Enjelita lolos ke tingkat Nasional mewakili provinsi Gorontalo dalam parlemen remaja DPR-RI tahun 2020 ini. Saya berharap apa yang diraih Enjelita ini menjadi motivasi juga bagi peserta didik lainnya agar mereka semangat belajar dan beminat memperluas pengetahuannya tidak hanya belajar dengan guru di madrasah namun juga dengan mengikuti kegiatan-kegiatan di luar madrasah,” terang Waris.

Sesuai yang disampaikan Enjelita, saat ini dia sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti ajang pemilihan Parja di tingkat nasional. Satu yang menjadi harapannya adalah dukungan berupa doa dari civitas MAN 1 Kota Gorontalo. (El_hasanah/Arman/Ayiz)