Peserta Didik MAN 2 Kabgor Ikuti Simulasi UBKD Secara Virtual

... Peserta Didik MAN 2 Kabupaten Gorontalo saat mengikuti Simulasi AKM dengan UBKD secara virtual.

KABGOR (kemenag.go.id) – Selasa (24/11/2020) peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kabupaten Gorontalo (Kabgor) ikuti simulasi Asesmen Ketuntasan Minimal (AKM) dengan aplikasi Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD) Tahun 2020 yang diselenggarakan Badan Penelitian, Pengembangan dan Pembukuan Pusat Asessmen dan Pembelajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) secara  virtual.

Terkait kegiatan itu, Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) bidang Kurikulum MAN 2 Kabupaten Gorontalo Asmuni kepada awak humas madrasah menyampaikan, simulasi tersebut penekananya adalah melatih peserta didik secara dini untuk lebih memahami tahapan dan teknis pelaksanaan ujian, serta bentuk soal yang akan disajikan dan juga cara penyelesaiannya.

“Simulasi UBKD ini merupakan salah satu upaya pemerintah meminimalisir kesalahan dalam mengerjakan soal-soal AKM tingkat Nasional yang rencananya akan digelar serentak secara online, sehingga pada pelaksanaan UBKD nanti peserta didik tidak akan dirugikan akibat tidak menguasai tahapan dan teknis pelaksanaan ujian,“ tutur Asmuni.

Asmuni juga berharap dengan adanya simulasi tersebut, peserta didik akan lebih siap mengikuti UBKD, apalagi bila ditunjang dengan kesiapan sarana prasarana pendukung, tenaga teknisi dan proktor madrasah yang handal guna menangani kendala-kendala yang mungkin ditemukan saat pelaksanaan ujian nantinya. (siwi/raya/R@ja)