Kemenag Kabgor Data Guru PNS Kementerian Agama

... Kakankemenag Kab. Gorontalo Sabara Karim Ngou bersama tim kerja saat membuka kegiatan Pendataan Guru PNS Kementerian Agama Zona Limboto – Limboto Barat

KABGOR (kemenag.go.id) – Tim Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Gorontalo (Kabgor) melakukan pendataan Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian Agama yang bertugas di luar instansi pemerintah.

Hal ini merupakan tindak lanjut Peraturan Menpan RB RI Nomor 35 tahun 2018 tentang penugasan PNS pada Instansi Pemerintah dan di luar Instansi Pemerintah, Peraturan BKN Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Cara Penugasan PNS pada Instansi Pemerintah dan di luar Instansi Pemerintah.

Selain itu, di Kementerian Agama sendiri telah diatur dalam edaran Sekjen Nomor 031749/SJ//B.II/Kp.07.0//10/2020 tentang penugasan pada Instansi Pemerintah dan di luar Instansi Pemerintah bagi PNS dengan Jabatan Fungsional Guru dan Pengawas Sekolah Pendidikan Agama Islam yang diangkat oleh Kementerian Agama.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gorontalo Sabara Karim Ngou mengungkapkan pendataan tersebut dilakukan dalam rangka monitoring penugasan Guru Pegawai Negeri Sipil, utamanya penugasan PNS menjadi kepala madrasah swasta.

“Ketika seorang PNS ditugaskan menjadi Guru maupun Kepala Madrasah di madrasah swasta, maka harus menyampaikan usulan penugasan tersebut pada Subbagian Kepegawaian dan Hukum Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo dengan melampirkan syarat-syarat yang sudah ditentukan,” terang Sabara ketika memimpin langsung tim pendataan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kab. Gorontalo, Rabu (03/02/2021).

Lebih lanjut Sabara menerangkan pelaksanaan pendataan tersebut dalam rangka ketertiban dan penerapan prosedur dalam penugasan Guru PNS Kementerian Agama, sembari berharap Guru dan Kepala Madrasah yang hadir untuk ikut membantu menyebarluaskan ketentuan di unit kerja masing-masing.

“Hal ini demi tertib berdasarkan ketentuan serta langkah penerapan prosedur dalam penugasan bagi seluruh Guru PNS di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gorontalo. Kiranya pendataan ini dapat diikuti seluruh guru maupun kepala madrasah. Sekiranya ada guru lain yang belum mendapatkan informasi, maka dapat diteruskan oleh bapak ibu yang mengikuti kegiatan saat ini,” tutupnya.

Hadir TU Iswad Pakaja, Kasie Pendma Rindah Kohongia, Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) serta seluruh Kepala Madrasah dan Guru PNS Kemenag yang bertugas di madrasah swasta.

Penulis: raya
Editor: b@Im
Sumber: Kontributor Kankemenag Kabupaten Gorontalo