Jelang Penginputan PAT Online, Sejumlah Guru Mapel Mulai Melakukan Penginputan Soal

... Sejumlah Guru Mapel MTsN 1 Kota Gorontalo mulai melakukan penginputan soal.

Kota (kemenag.go.id) – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1  Kota Gorontalo menggelar Ujian Semester atau Penilaian Akhir Tahun, Tahun Pelajaran 2020/2021 secara daring atau online yang dimulai pada tanggal 8 sampai dengan tanggal 19 Maret tahun 2021. Dimana dalam amsa pendemi Covid-19 ini, para siswa akan mengerjakan ujian di rumah masing masing dengan menggunakan smartphone dan laptop dengan mengakses lewat Google Form.

Untuk menyikapi hal itu, Senin, (01/03/2021) kemarin bertempat di Laboratorium Komputer MTsN 1 Kota Gorontalo, sejunlah guru mata pelajaran melakukan kegiatan penginputan soal Ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Asra J Pakai selaku ketua panitia mengungkapkan setiap siswa akan mengerjakan ujian PAT dari rumah mereka masing masing dan mengirimkan hasil jawaban mereka langsung melalui Google Form. Bagi siswa yang tidak punya handphone/laptop sementara ini terus di data oleh pihak madrasah untuk dicarikan solusi agar bisa mengikuti PAT bersama dengan siswa lainnya. 

Pelaksanaan PAT secara daring diharapkan dapat diikuti seluruh siswa kelas IX MTs Negeri 1 Kota Gorontalo melalui aplikasi Google Form. Setiap siswa pada PAT secara daring ini, bisa mengerjakan ujian sesuai dengan jadwal yang ada. Soal ujian PAT sendiri akan secara otomatis bisa dikerjakan oleh siswa mulai dari pukul 07.00 Wita nanti.

Untuk mengantisipasi adanya kecurangan soal pada siswa, pihak madrasah diharapkan dapat mengedepankan kejujuran kemungkinan perbuatan curang akan sukar dilakukan sebab naskah soal telah disesuaikan ketat dengan rentang waktu pengerjaan. Dan hasil dari PAT ini nanti akan diakumulasikan dengan tugas online para siswa saat belajar dirumah dan portofolio siswa.

"PAT secara online ini merupakan suatu hal yang sangat membantu kelancaran proses belajar siswa ditengah pandemi Covid-19 yang masih ada. Mudah mudahan walaupun masih dalam keadaan darurat virus corona, pelaksanaan PAT ini bisa berjalan lancar seperti yang diharapkan bersama,” harapnya. (Rigent/Ayiz).