Hadiri Pembukaan Pesantren Ramadhan SMPN 1 Kabila, Kakankemenag Bonebol Katakan Ini

...

BONEBOL (kemenag.go.id) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) H. Arfan Tilome hadiri pembukaan kegiatan Pesantren Ramadhan yang digelar SMP Negeri 1 Kabila, Senin (19/4/2021).

Dalam sambutannya di kegiatan tersebut, Kakankemenag  menjelaskan, berdasarkan regulasi yang ada, pendidikan agama di madrasah maupun sekolah umum masih merupakan tanggung jawab dari Kementerian Agama didaerah masing-masing, sehingganya itu seluruh pembelajaran pendidikan agama pun berada dalam binaan dan juga pantauan Kementerian Agama.

“Saya mengapresiasi dan mendukung kegiatan Pesantren Ramadhan seperti yang dilaksanakan SMP Negeri 1 Kabila ini. Kegiatan seperti ini tentunya dapat menjadi amaliah Ramadhan khususnya bagi para siswa bisa mengisi waktu luang mereka, daripada hanya bermain game atau kegiatan lainnya yang tidak bermafaat,” tutur Arfan diawal sambutannya.

“Pendidikan agama di Indonesia, baik itu yang ada di madrasah ataupun yang ada di sekolah umum, sesuai regulasi yang ada masih berada dalam tanggung jawab Kementerian Agama, olehnya kami perlu melakukan pembinaan dan juga sekaligus memantau atas pembelajaran pendidikan agama tersebut. Dan alhamdulillah hari ini, kami bisa bersama-sama dengan civitas SMPN 1 Kabila dalam sebuah kegiatan yang bermuatan pendidikan agama yakni Pesantren Ramadhan,” bebernya lagi.

Arfan pun berharap kegiatan tersebut dapat diikuti oleh sekolah-sekolah lainnya, menurutnya kegiatan Pesantren Ramadhan akan sangat membantu orang tua siswa yang mengehendaki anak-anaknya tetap dalam kondisi pembelajaran di momentum Ramadhan, sekaligus pula untuk membina karakter dan mendidik agar supaya peserta didik lebih memahami dan mempraktekan ajaran-ajaran agama, sehingga bisa menjadi generasi yang sholeh sholeha, qurani, berbakti kepada orang tua, guru, agama dan bangsa. (****/R@ja)