Kakanwil Kemenag Hadiri Rakor Bersama Para Menteri

... Suasana saat Kakanwil Kemenag Provinsi Gorontalo Mengikuti Rapat Koordinasi Bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Gorontalo.

Gorontalo (kemenag.go.id) – Menindaklanjuti Radiogram Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Gorontalo mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan dan penanganan Covid-19 di ruang Huyula Kantor Gubernur Gorontalo pada Senin, (3/5/2021).

Kegiatan tersebut diikuti Menag, Mendagri, Menhub, Menkes, Panglima TNI, Kapolri, Kabin, Jaksa Agung, Kepala BNPB, Kasatgas Covid-19 dan seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Gorontalo.

Terkait hal itu, Syafrudin saat diwawancarai awak humas diruang kerjanya mengatakan pada prinsipnya Rakor bersama pemerintah pusat memberikan penguatan kembali terhadap protokol kesehatan disemua aktivitas kehidupan masyarakat, terutama diakhir bulan ramadhan seperti sekarang ini, aktivitas masyarakat meningkat diberbagai tempat seperti di pusat perbelanjaan dan pasar-pasar tradisional.

Lebih lanjut, Kakanwil menyampaikan pembatasan-pembatasan yang dilakukan pemerintah bertujuan untuk kemaslahatan umat dalam mengurangi penyebaran Covid-19 dan bukan semata-mata membatasi pergerakan masyarakat itu sendiri akan tetapi disiplin pribadi menjadi hal yang sangat penting.

“Pada prinsipnya pembatasan dari pemerintah ini termasuk Kementerian Agama dalam membatasi pergerakan masyarakat menjadi hal yang sangat penting untuk mengurangi penyebaran Covid-19,” ungkap Kakanwil.

“Pemerintah pusat dan daerah termasuk Kementerian Agama bersinergi bersama dalam mengurangi penyebaran Covid-19 ini. Kementerian Agama berusaha mensosialisasikan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 4 Tahun 2021 tentang Panduan lbadah Ramadan dan ldul Fitri Tahun 1442 H/2021 M di beberapa tempat/daerah,” tambahnya.

Menutup penyampaiannya, Kakanwil menekankan tiga hal yang menjadi perhatian dan harus dilaksanakan jajaran Kemenag di seluruh daerah. Pertama, para Kepala Kanwil Kemenag dan Kepala Kankemenag Kab dan Kota melakukan pengawasan dan pemantauan lapangan yang melibatkan para Penyuluh Agama dan KUA Kecamatan sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama.

Selanjutnya, para Kakanwil dan Kakankemenag senantiasa berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Satgas Penanganan COVID-19 tingkat daerah dan pihak keamanan. Dan yang terakhir, para Kakanwil melaporkan kepada Menteri Agama terkait dengan evaluasi pelaksanaan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2021 di wilayah masing-masing dan langkah penanganan yang telah dilakukan. (April/Humas)