18 Ramadhan 1442, Civitas MIN 2 Kabgor Gelar Khatam Qur’an

... Kepala MIN 2 Kab. Gorontalo Marci A. Karim bersama para guru dan karyawan saat melaksanakan khatam Qu’ran di aula madrasah.

KABGOR (kemenag.go.id) – Bulan Ramadhan merupakan bulan turunnya Alqur’an, dan juga merupakan bulan pengampunan. Hal ini pula dijadikan momentum latihan dan pendidikan bagi civitas Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kabupaten Gorontalo (Kabgor), salah satunya dengan melaksanakan  Khatam Qur’an bertempat di aula madrasah, Jumat (30/04/2021) dipimpin langsung Kepala Madrasah Marci Karim.

Dalam arahannya dihadapan guru dan karyawan sebelum pelaksanaan kegiatan, Kepala Madrasah Marci A. Karim mengatakan, kegiatan khatam tersebut dibuat agar para guru yang mengajar di sekolah bercirikan Islam itu selain mampu membaca Alqur’an juga mampu mengamalkan nilai-nilai Alqur’an dalam kehidupannya, baik di lingkungan madrasah ataupun di lingkungan masyarakat.

Marci Karim juga menambahkan, disamping tujuannya untuk melatih serta membiasakan guru dan karyawan dalam berinterkasi dengan Alqur’an, kedepannya diharapkannya para guru tersebut selanjutnya dapat memberikan pembimbingan baca Alqur’an kepada para peserta didik.

“Melalui kegiatan tadarus sampai dengan khatam Qur’an ini, saya berharap akan menjadikan Alqur’an sebagai budaya madrasah, dan itu diawali terlebih dahulu oleh para guru, sehingganya pula dengan begitu peserta didik kita selanjutnya juga akan mendapatkan bimbingan langsung dari para guru,“ tutur Marci.

“Saya juga berharap, kegiatan ini akan terus berkelanjutan dan terevaluasi dengan baik, ini agar kita tidak hanya memberikan pendidikan umum dan keagamaan kepada peserta didik, namun pula kita barengi dengan melatih kemampuan, menumbuhkan minat dan bakat dalam membaca Alqur’an dengan penguasaan tajwid dan makhrajal huruf bagi mereka,” pungkas Marci. (Mispa-Marci/raya/R@ja)