Isi Amaliah Ramadhan, MIN 2 Kabgor Gelar Pesantren Ramadhan

... Ketua Panitia Pesantren Ramadhan Marwan Molou saat memberikan contoh tata cara mengambil air wudhu yang tepat kepada peserta didik.

KABGOR (kemenag.go.id) – Kamis (29/04/2021) atau 17 Ramadhan 1442 H, Civitas Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kabupaten Gorontalo (Kabgor) menggelar kegiatan Pesantren Ramadhan dengan tema ‘Lebih dekat dengan  Alquran’ yang dirangkaikan pula dengan buka puasa bersama,.

Kegiatan Pesantren Ramadhan tersebut dirancang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Itu dikarenakan pada tahun ini kegiatan Ramadhan lebih difokuskan kepada kelancaran dan kefasihan pengucapan huruf Alqur’an, baik dari sisi tajwid, makhroj, pembinaan ahlak serta pula praktek tata cara pengambilan wudhu yang tepat.

Terkait dengan hal itu, dalam sambutannya saat membuka acara, Kepala MIN 2 Kab. Gorontalo Marci Karim mengatakan, melalui moment ramadhan diharapkannya seluruh civitas madrasah lebih meningkatkan lagi kemampuannya dalam membaca Alqur’an, sembari pula terus menjalin ukhuwah islamiyah serta senantiasa menjaga kekompokan dan semangat dalam bekerja meskipun dalam suasana ramadhan.

“Kiranya adik-adik yang telah mengikuti kegiatan ini, mampu mengimplementasikan nilai-nilai Qur’an dalam kehidupannya sehari-hari. Harus ada perubahan sikap setelah selesai mengikuti kegiatan ini. Selain itu pula, saya berharap pula ada peningkatan dalan kelancaran dalam membaca Alqur’an, baik dari segi makhrojil huruf dan juga tajwidnya. Ini nantinya akan dievaluasi sejauhmana perkembangan bacaan Qur'annya melalui guru penanggungjawab,” tutur Marci.

“Semoga para peserta didik yang telah selesai mengikuti kegiatan Pesanten Ramadhan tahun ini, mampu merubah karakternya sesuai dengan nilai-nilai Alqur’an,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Kegiatan Marwan Molou saat dikonfirmasi awak humas menyampaikan, kegiatan buka puasa bersama tersebut sudah menjadi kegiatan rutin setiap bulan Ramadhan di MIN 2 Kab. Gorontalo. Tujuannya adalah untuk memupuk kebersamaan seluruh civitas madrasah tersebut.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan, yakni setiap tahun tepatnya setiap bulan Ramadhan. Ini juga kami lakukan secara bersama-sama, baik guru dan juga karyawan, tentunya dengan dukungan penuh kepala madrasah dan orang tua yang juga ikut berpartisipasi mensukseskan kegiatan ini,” ujar Marwan. (Mispa-Marci/raya/R@ja)