Gelar Rapat Evaluasi dengan Kepala KUA dan Penyuluh, Hamka Arbie Ingatkan Hal Ini

... Kakankemenag Kab. Gorontalo H. Hamka Arbie didampingi Kasubbag TU H. Iswad Abdullah Pakaja, beri arahan pada Rapat Evaluasi Pengawasan dan Pemantauan SE Menag Nomor 4 Tahun 2021.

KABGOR (Kemenag.go.id) – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gorontalo gelar Rapat Evaluasi Pengawasan dan Pemantauan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 H / 2021 M bertempat di Aula Kantor, Kamis (06/05/2021).

Rapat Evaluasi yang menghadirkan para Kepala KUA dan Penyuluh Agama Islam Fungsional tersebut dibuka langsung Kepala Kantor Kemenag (Kakankemenag) Kab. Gorontalo H. Hamka Arbie, didampingi Kepala Subbagian Tata Usaha H. Iswad Abdullah Pakaja.

Dalam arahannya di kegiatan itu, Kakankemenag Kab. Gorontalo menjelaskan tujuan utama rapat evaluasi tersebut adalah untuk mengontrol sejauh mana penerapan protokol kesehatan di masjid-masjid kecamatan sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Agama (Menag) Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 H / 2021 M.

Menurut Kakankemenag, penerapan SE Menag Nomor 4 Tahun 2021 tentang panduan pelaksanaan ibadah Ramadan sampai dengan pelaksanaan shalat Idul Fitri pada 1 Syawal nanti, tidak akan berjalan dengan baik tanpa ada dukungan dari seluruh masyarakat serta kontrol dari aparatur Kementerian Agama yakni para Kepala KUA dan Penyuluh Agama Islam di masing-masing kecamatan.

Hamka Arbie juga mengingatkan kepada seluruh Kepala KUA dan Penyuluh Agama Islam untuk dapat  terus mendata terkait penerapan protokoler kesehatan di seluruh masjid dan lapangan yang akan digunakan untuk pelaksanaan shalat Idul Fitri untuk selanjutnya akan di[jadikan bahan laporan.

“Untuk penerapan SE Menteri Agama Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 H / 2021 M pada 1 Syawal nanti, saya mengharapkan kerja sama dari seluruh Kepala KUA dan Penyuluh Agama Islam di masing-masing kecamatan bersama satuan tugas covid-19, dan pihak keamanan, guna mengontrol langsung pada saat pelaksanaannya. Utamanya saat pelaksanaan shalat Idul Fitri nanti, yang kemudian kita akan laporkan sampai ke tingkat pusat,” ujar Hamka.

“Karena ini tanggung jawab kita bersama, maka mari kita sosialisasikan dan edukasikan langsung kepada masyarakat untuk memutus rantai penyebaran virus corona,” pungkas Kakankemenag.

Pada rapat itu juga, melalui para Kepala KUA dan Penyuluh Agama Islam Fungsional, Kakankemenag Kab. Gorontalo juga mengevaluasi sejauh mana penerapan protokoler kesehatan di masjid-masjid dan musalla di masing-masing kecamatan selama bulan ramadan. (raya/R@ja)