Verifikasi dan Validasi Data Emis TPQ, Kakankemanag Boalemo Ucapkan Hal Ini

...

BOALEMO (kemenag.go.id) --  Untuk memperoleh data secara detail Taman Pengajian Alquran (TPQ), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boalemo melalui Seksi Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (PAPKIS) melakukan pendampingan kepada pengelola TPQ terkait peng-input-an data, yang dipusatkan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Botumoito, (10/5/21). Turut mendampingi Tim Bidang PAPKIS Kanwil kemenag Provinsi Gorontalo dalam peng-input-an.

Emis TPQ merupakan aplikasi yang digunakan untuk mendapatkan data secara detail dari suatu lembaga diseluruh Indonesia. Melalui aplikasi ini, seluruh keberadaan TPQ yang telah terdaftar dapat dilihat melalui gopgle maps secara online.

Mengingat TPQ merupakan tempat untuk membumikan Alquran  ditengah masyarakat, Kepala Kantor Kemenag Boalemo H. Sabara K. Ngou meminta kepada pengelola TPQ untuk melakukan penginputan data Emis secara lengkap agar seluruh TPQ yang ada di Kabupaten Boalemo yang memiliki izin operasional dapat dipastikan keberadaanya.

“Kemarin ada kasus di beberapa provinsi, ketika dilakukan pemantauan online, begitu dicek menggunakan Maps, ternyata TPQ-nya berada ditengah laut. Bahkan ada pula yang ditemukan ditengah hutan. Olehnya, mohon bapak/ibu untuk memberikan data yang benar agar setelah dilakukan pengecekan, TPQnya benar-benar ada,” ucapnya.

Terlepas dari itu, tak lupa Sabara mensosialisasikan terkait SE Menag Nomor 7 Tahun 2021 terkait pelaksanaan Salat Idul Fitri 1442 H/2021 M, mengingat beberapa daerah zona tertentu tidak bisa melaksanakan salat Idul fitri di masjid maupun dilapangan. Namun karena Kabupaten Boalemo berada pada zona kuning, maka Pemerintah daerah berdasarkan hasil rapat Forkopimda membolehkan salat di masjid ataupun lapangan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Maka melalui kesempatan itu pula, Sabara meminta kepada Kepala KUA kiranya melaporkan seluruh titik pelaksanaan salat Idul Fitri baik dilapangan maupun masjid, juga menginstruksikan kepada penyuluh agama untuk mengawasi pelaksanaan salat idul fitri diwilayah binaannya.

“Mohon bagi kita semua, karena ASN Kemenag menjadi teladan ditengah masyarakat, maka kami meminta untuk mensosialisasikan Edaran Menag Nomor 7 tahun 2021 tentang pedoman pelaksanaan salat Idul Fitri dimasa pandemi. Mohon kerjasama antara Kepala KUA dan Penyuluh agama untuk melaporkan titik pelaksanaansalat Idul Fitri,” imbaunya.

Terakhir, Sabara engucapkan terimakasih kepada tim dari Kanwil Kemenag provinsi Gorontalo, yang telah memberikan pendapingan terkait penginputan data Emis TPQ. 

“Terimakasih kepada Tim dari Kanwil Kemenag provinsi Gorontalo yang telah melakukan pendampingangan kepada pengelola TPQ terkait penginputan data Emis. Terimakasih pula kepada seluruh pengelola TPQ yang telah hadir pada pada kegiatan ini. Semoga ini menjadi amalia ramadhan untuk kita semua,” pungkasnya. (Lis/mar)