Dominasi KSN-K Bonebol, MAN IC Gorontalo Melaju ke Provinsi

... Tim MAN IC Gorontalo saat mengikuti KSN-K secara daring di ruang Cyber-Library MAN IC Gorontalo pada awal Juni 2021.

BONEBOL (kemenag.go.id) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gorontalo akan mewakili Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) ke tingkat provinsi pada ajang kompetisi sains. Hal ini diketahui setelah pada tanggal  17 Juni 2021, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengumumkan hasil Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K) Jenjang Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) Tahun 2021.

MAN IC Gorontalo berhasil meloloskan 22 dari 27 anggota tim kompetisinya ke tingkat provinsi setelah mendominasi peringkat terbaik pada 9 bidang mata pelajaran yang dilombakan. Masing-masing pada bidang Matematika 2 siswa, Fisika 3 siswa, Kimia 2 siswa, Biologi 1 siswa, Astronomi 3 siswa, Informatika 2 siswa, Ekonomi 3 siswa, Geografi 3 siswa, dan bidang Kebumian 3 siswa.

Menanggapi hasil ini, Kepala MAN IC Gorontalo, Jasmaniar menyampaikan selamat kepada tim KSN-K dibawah kepemimpinannya itu. “Madrasah menyampaikan selamat pada tim KSN-K atas hasil yang diperoleh sejauh ini. MAN IC Gorontalo bertekad menyumbangkan lebih banyak medali untuk Gorontalo di jenjang berikutnya. Insya Allah dengan materi siswa yang lolos ini target tersebut dapat tercapai,” demikian tutur kepala madrasah yang akrab disapa Cica ini saat dihubungi Humas, Sabtu (19/06/2021).

Sementara itu Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Trisnawati juga menyampaikan, untuk tahap selanjutnya, tim KSN-K MAN IC Gorontalo yang akan mewakili Bone Bolango telah mempersiapkan langkah dan strategi yang menurutnya sudah biasa dilakukan menjelang pelaksanaan setiap event yang diikuti.

“Alhamdulillah tim sudah memberikan yang terbaik di level kabupaten. Selanjutnya kami akan persiapkan mereka untuk tingkat provinsi. Meski masih di tengah pandemi Covid, madrasah akan melakukan pendampingan intensif dengan kolaborasi dan inovasi pembimbingan,” urai Trisnawati seraya berharap peningkatan disiplin dan kesungguhan dari timnya.

Berikut hasil lengkap tim MAN IC Gorontalo yang lolos ke KSN Tingkat Provinsi (KSN-P) Tahun 2021:

Matematika:

1. Muhammad Ariq Fakhri (kelas 11)

2. Awaludin Dau (kelas 10)

Fisika:

1. Moh Fairuz Alauddin Yahya (11)

2. Anas Fathurrahman (11)

3. Rizka Arum Nursabrina (10)

Kimia:

1. Muhammad Noor Qurais (11)

2. Mohamad Abdussholeh Ekie (10)

Biologi

1. Yasmin Ainurrahmah (11)

Astronomi

1. Moh. Eldivo Alsyawal Otoluwa (11}

2. Muhammad Zaiq Azmi (11)

3. Andi Ghaniyatera FH Makkasau (10}

Informatika:

1. Fajhri Ramadhan A. (11)

2. Vio Actona Putra (11)

Ekonomi:

1. Nabila Juwairiyah Adudu (10)

2. Zahra Safirah Djamil ((10)

3. Muh Agung Hidayatullah Kadekoh (11)

Geografi:

1. Izzah Laila Hanifah (11)

2. Andi Nabil Fauzan (10)

3. Diya Talha Datau (10)

Kebumian:

1. Rifky Nurfauzi Taliki (11)

2. Alwan Rafiu Musyafaa (11)

3. Nur Afriza Putri Dali (10)  (ATB/R@ja)