Hadiri Rakor Evaluasi Penyerapan Anggaran Tahun 2022, Kakanwil Kemenag Gorontalo Harapkan Hal Ini

...

GORONTALO (kemenag.go.id) –  Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Gorontalo Dr. H. Syafrudin Baderung, Kamis (12/05/2022) bertempat di Aula HM Rasjidi Kemenag RI Jalan MH Thamrin No 6 Jakarta Pusat, hadiri kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Penyerapan Anggaran Kementerian Agama Tahun 2022.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag RI Prof. Nizar, Kepala Biro Keuangan Kemenag RI Drs. H. Subarja, M.Pd, Kepala Biro Kepegawaian Kemenag RI Dr. Nurudin, serta Kakanwil Kemenag se-Indonesia.

Disampaikan Kakanwil Syafrudin kepada awak humas melalui whatsapp, dalam arahannya kepada seluruh kakakwil, Sekjen Prof. Nizar menekankan bahwa anggaran harus selaras dengan kinerja dan atau sebaliknya, agar dari sisi kinerja bisa lebih profesional dengan basis anggaran yang tepat. Selain itu kata kakanwil mengutip apa yang disampaikan Sekjen, penyerapan anggaran harus sesuai dangan output dan target capaian, bukan berbasis keinginan pimpinan sehingga banyak revisi.

“Para kakanwil harus selalu melakukan evaluasi anggaran secara rutin. Ini agar satuan kerja dibawahnya patuh dan taat sesuai target capaian. Harus diingat bahwa pada bulan Juli harapan besar bahwa target capaian sudah 75 persen,” tegas Prof. Nizar kepada seluruh kakanwil.

Lebih lanjut lagi, Kakanwil Syafrudin juga menginformasikan terkait dengan apa yang disampaikan Kepala Biro Kepegawaian Kemenag RI bahwa anggaran yang ada harus bisa meningkatkan kualitas layanan bagi publik.

“Kita sebagai satuan kerja besar harus berimbang, bahwa layanan juga besar dan luas. Hal ini bisa terwujud jika tata birokrasi kita tertata rapi dan aparatur kita paham tusinya. Setiap pimpinan satuan kerja harus mampu membaca, memilih, dan mengklasifikasikan mana program yang tepat bagi umat sesuai kebutuhan,” ujar Karopeg Dr. Nurudin seperti yang disampaikan Kakanwil Syafrudin kepada awak humas melalui whatsapp.

Menanggapi apa yang disampaikan Sekjen Kemenag RI dan Kepala Biro Kepegawaian, Kakanwil Syafrudin berharap dan menekankan kepada para pimpinan satuan kerja Kemenag se-Gorontalo kiranya mampu menggenjot realiasi anggaran secara optimal. Begitu pula dengan kesesuaian antara perencanaan dan realisasi, terutama bagi belanja bansos dan modal.

“Saya berharap apa yang menjadi penegasan Sekjen Kemenag RI dalam rapat koordinasi ini terkait pengoptimalan realisasi anggaran hingga 75 persen hingga bulan Juli bisa direalisasikan pula dengan baik oleh seluruh pimpinan satuan kerja Kemenag Gorontalo. Dan ini harus sudah dipacu sejak awal agar tidak menumpuk di akhir tahun, terutama belanja bansos dan modal,” harap Syafrudin.

“Sementara hal-hal yang terkait dengan apa yang disampaikan Kepala Biro Kepegawaian, saya meminta kepada seluruh pimpinan satuan kerja baik Kemenag Kabupaten/Kota, madrasah dan KUA untuk benar benar paham akan tusinya. Hal ini agar anggaran yang kita gunakan sesuai peruntukannya dan lebih efektif dalam pelaksanaan anggaran yang ada,” tandasnya. (R@ja/Humas)