Buka KegiatanPembinaan dan Penilaian UKS, Sabara Minta Madrasah Optimalkan Pelayanan Siswa

...

BOALEMO (kemenag.go.id) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Boalemo, H. Sabara K. Ngou membuka kegiatan Pembinaan dan Penilaian Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Tingkat Kabupaten Boalemo Tahun 2022, di auditorium MTsN 1 Boalemo (12/5).

Dalam arahannya, Sabara mengatakan bahwa UKS atau biasa juga disebut Unit Kesehatan Sekolah merupakan salah satu unit penting dalam sebuah sekolah atau madrasah. Hal ini merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang ada di madrasah, mulai dari pembinaan pola hidup sehat sampai sampai dengan pembinaan lingkungan sehat.

Selain itu, UKS ini menjadi salah satu tempat pertolongan pertama pada siswa yang ada di madrasah yang mengalami penyakit ringan. Misalnya, jatuh masih dalam lingkungan sekolah, siswa pingsan saat mengikuti apel atau upacara dan kejadian lain yang masih bisa ditangani oleh pihak sekolah.

Sehingganya, Sabara meminta pada pihak madrasah untuk memanfaatkan dana BOS untuk mengoptimalkan pelayanan pada siswa dengan menyediakan segala bentuk kebutuhan yang diperlukan di UKS.

“Minimal di UKS itu semacam kota obat yang didalamnya terdapat betadin, alkohol, perban, obat-obatan, seperto minyak angin, obat sakit kepala dan paracemol untuk memberikan pertolongan pertama pada siswa yang mengalami kecelakaan atau sakit semasih dilingkungan sekolah,” ungkapnya.

Secara perlahan, dirinya meminta agar madrasah melakukan pembenahan terkait UKS, sehingga seiring dengan berjalannya waktu madrasah yang ada dilingkungan Kemenag Boalemo bisa memiliki UKS sesuai sesuai dengan standar yang ada.

“Ruangan UKS tidak perlu tempat yang mewah, bisa memanfaatkan ruangan kecil atau mungkin bisa gabung dengan perpustakaan. Yang penting ruangan tersebut bisa dimanfaatkan untuk memberikan pelayanan pada siswa yang sakit,” tandasnya. (Lis/mar)