Ikut Pembinaan dan Penilaian UKS Tahun 2022, Kepala MIN 2 Boalemo Jelaskan Ini

... Suasana Kegiatan Pembinaan dan Penilaian UKS Tahun 2022 Yang Diikiuti Oleh Kepala MIN 2 Boalemo di Auditorium MTsN 1 Boalemo

BOALEMO (kemenag.go.id) – Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) masih perlu ditingkatkan karena UKS merupakan wadah lintas sektor yang strategis untuk memecahkan masalah-masalah kesehatan. Pelaksanaan UKS perlu didukung dengan sumber daya yang mencukupi baik sumber daya manusia maupun pembiayaan yang berasal dari semua sektor terkait baik di tingkat Pusat maupun Daerah.

Hal tersebut dinyatakan oleh Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Boalemo, Santon Dj. Kadir usai mengikuti kegiatan Pembinaan dan Penilaian UKS tingkat Kabupaten Boalemo tahun anggaran 2022, yang berlangsung di Auditorium Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Boalemo, Kamis (12/05/22).

Kepala MIN 2 Boalemo, Santon Dj. Kadir juga menjelaskan bahwa usaha kesehatan Madrasah adalah upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, sadar, berencana terarah dan bertanggung jawab. Kegiatan lomba sekolah sehat menjadi salah satu terobosan sarana pembinaan, pengembangan dan evaluasi pelaksanaan program UKS serta dapat memberikan motivasi bagi pihak Madrasah untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas peserta didik.

“Program peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi peserta didik perlu dilakukan sedini mungkin secara terpadu, terencana, terarah dan terkoordinasi, serta penuh tanggung jawab, sehingga melalui program atau penilaian UKS menjadi penting diselenggarakan karena melalui program tersebut peserta didik mendapat pengetahuan dan wawasan tentang kesehatan,” jelas Santon.

“Melalui pembinaan dan penilaian UKS ini pula dapat meningkatkan kesadaran warga Madrasah tentang perlunya menjaga kesehatan dilingkungan Madrasah. Penilaian UKS merupakan ajang evaluasi sebagai usaha merangsang tumbuhnya motivasi dan kepedulian warga Madrasah untuk mewujudkan lingkungan Madrasah yang sehat, dan membangun kebiasaan-kebiasaan sehat dilingkungan madrasah,” tambahnya.

“Pembinaan dan Penilaian UKS ini sangat perlu dilakukan untuk menyelamatkan warga Madrasah khususnya bagi peserta didik dari berbagai ancaman bahaya lingkungan yang tidak bersih dan menimbulkan penyakit yang pada akhirnya akan menggangu tumbuh kembang anak didik di lingkungan Madrasah,” tandasnya. (Goes/lis/mar)