Beri Nasihat Pembimbingan Syahadat, Kakankemenag: Dalam Islam Tidak Ada Paksaan

...

POHUWATO (kemenag.go.id) – Bertempat di Masjid Agung Baiturrahim Pohuwato, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Pohuwato Fahry J. Djafar membimbing syahadat kepada jemaah yang berniat memeluk agama Islam. Jumat, (20/5/22).

Perempuan tersebut bernama Oktafiani Pinamangung berasal Desa Pohuwato Timur, Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato.

Sebelum pembimbingan, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Fahry J. Djafar memberikan nasihat dan meyakinkan kembali alasan perempuan tersebut memeluk agama Islam.

“Dalam ajaran Islam, disebutkan tidak ada paksaan dalam beragama, orang yang ingin masuk Islam adalah orang-orang yang memang di dalam lubuk hatinya benar-benar meyakini agama Islam tanpa ada paksaan dari siapapun, dan ketika telah mengucapkan syahadat, maka orang tersebut bersedia untuk dibimbing menjalankan apa yang diperintahkan Allah dan Rasul dan menjauhi apa yang menjadi larangan-Nya,” tuturnya.

“Olehnya itu, saya mengingatkan kembali kepada saudari, bahwa beralihnya agama ini, untuk memeluk agama Islam, tidak berdasarkan paksaan dari oran lain, melainkan atas kesadaran sendiri,” ucapnya.

Hal itupun dijawab Oktafiani dengan menyatakan keinginannya untuk memeluk agama Islam tidak berdasarkan paksaan dari orang lain, dan benar benar atas dasar keinginan dan kesadaran sendiri.

Momentum itu disaksikan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Marisa Abdullah Hasanudin, Penghulu Utama Aswar Anas, Imam Masjid Agung Asram Husuna, Kepala Desa Pohuwato Timur, dan turut juga didampingi suami dan keluarga Oktafiani, serta jemaah Sholat Jumat.

Penulis: GA
Editor: b@Im
Sumber: Kontributor Kantor Kementerian Agama Pohuwato