Mantapkan Persiapan Myres, Tim Riset MTs. Muhammadiyah Tolinggula Lakukan Revisi Proposal Peserta Didik

...

GORUT (kemenag.go.id) – Untuk meningkatkan kualitas dan mutu penelitian peserta didik, tim riset Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Tolinggula lakukan revisi proposal karya ilmiah siswa di ruang kerja kepala madrasah, Kamis (23/06/2022).

Sebelumnya proposal penelitian ini sudah disusun oleh peserta didik sesuai dengan lokus penelitian yang ditentukan yang ada dilaksi mereka. Hal ini sesuai dengan arahan yang dismpaikan oleh Tim Pengembangan Riset Madrasah kepada peserta peserta didik.

Ismanto Didipu menuturkan beberpa hal penting terkait persiapan proposal Myres, diantaranya revisi proposal sebelum diupload dan didaftarkan.

“Proposal penelitian peserta didik ini merupakan hasil karya mereka lewat langkah-langkah ilmiah seperti halnya penulisan karya ilmiah lainnya. Sehingganya perlu bimbingan dan perbaikan sesuai petunjuk teknis oleh Tim Pengembangan Madrasah Riset,” ungkap Ismanto.

“Saya berharap proposal penelitian peserta didik ini tidak dibuat semaunya. Untuk itu revisi sangat penting dilakukan sebelum akhirnya didaftarkan dan diupload. Saya yakin dan percaya bahwa Tim Pengembangan Riset Madrasah kami adalah orang-orang yang berpengalaman dalam penulisan karya ilmiah dan sudah teruji,” lanjut Ismanto.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Pengembangan Riset Madrasah Alma J. Genes, S.Pd., menyampaikan revisi yang dilakukan adalah lebih pada lokus penelitian dan metode yang digunakan.

“Sejauh ini hasil proposal penelitian peserta didik lebih kami arahkan pada lokus penelitian dan metode yang digunakan serta teori-teori yang menjadi rujukan harus konsisten. Selain itu juga kami sudah menggunakan aplikasi mendeley untuk meminimalisir tingkat kesamaan tulisan pada tinjauan pustaka,” ungkap Alma.

Senada dengan Alma, ketua panitia Siti Nurain Pabiaiye, S.Pd., menambahkan bahwa sebagai langkah awal kami telah merevisi empat (4) proposal penelitian peserta didik yang Insya Allah akan di upload sebelum batas akhir pendaftaran 03 Juli 2022. (Alma/Aprl)