Kakanwil Serahkan Piagam Statistik Pondok Pesantren Khairul Hikmah Bone Bolango

... Kakanwil serahkan Piagam Statistik Pesantren kepada Pimpinan Pondok Pesantren Khairul Hikmah, Willy Hakim Lawani

GORONTALO (kemenag.go.id) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Gorontalo menyerahkan Piagam Statistik Pesantren yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI kepada Pimpinan Pondok Pesantren Khairul Hikmah Bone Bolango.

Piagam Statistik Pesantren merupakan dokumen identitas legalitas pesantren yang tercatat dan telah diakui oleh Pemerintah melalui Kementerian Agama, dengan ketentuan piagam tersebut masih berlaku selama Pondok Pesantren Khairul Hikmah Bone Bolango masih memenuhi ketentuan pendirian pesantren.

Serah terima piagam dilakukan bersamaan dengan peresmian Masjid An Nawawi, Mesjid yang dibangun di lokasi Pondok Pesantren Khairul Hikmah, Kamis (23/06/2022).

“Saya bangga dengan Pondok Pesantren Khairul Hikmah Bone Bolango ini. Perkembangannya sangat bagus, dan itu teramati setelah ketiga kalinya saya berkunjung di sini untuk menyerahkan Piagam Statistik Pesantren atau biasa dikenal dengan izin operasional,” tutur Syafrudin.

“Izin operasional suatu lembaga pendididikan, baik itu madrasah atau pondok pesantren wajib dimiliki, sebab dokumen tersebut merupakan bagian yang diperpsyaratkan jika mengajukan permohonan pelayanan bagi lembaga pendidikan kepada pemerintah,” sambungnya.

Syafrudin menerangkan, Kementerian Agama selalu berupaya memenuhi kebutuhan umat, termasuk untuk layanan pendidikan.

“Untuk pendidikan, Kemenag mengalokasikan anggaran sebesar 85 persen dari anggaran yang dikelola. Hal itu menandakan bahwa perhatian Kemenag pada dunia pendidikan cukup besar, dan selalu berupaya memenuhi kebutuhan umat,” terang Syafrudin.

Selanjutnya Kakanwil mengapresiasi antusias orang tua, masyarakat serta pihat terkait partisipasi dalam membangun dan mendukung aktivitas pendidikan di Pondok Pesantren Khairul Hikmah Bone Bolango.

“Terima kasih untuk orang tua dan masyarakat. Jangan ragu menyekolahkan anak-anaknya di madrasah ataupun pondok pesantren. Semoga umat dapat terlayani dengan baik dengan keberadaan lembaga pendidikan ini, dan apa yang kita lakukan saat ini menjadi amal jariyah,” tandasnya.

Selanjutnya Kakanwil bersama Koordinator Pembangunan Mesjid di Indonesia Timur Jasin Dilo meresmikan dan menandatangani prasasti Mesjid An Nawawi yang disaksikan Qadhi Gorontalo Rasyid Kamaru.

Hadir Kabid Papkis Fitriyani Humokor, Kasi Papkis Kankemenag Kabupaten Bone Bolango Irvan Ismail, Aparat Pemerintah setempat, Tokoh Agama dan Masyarakat sekitar.

Penulis: b@Im
Editor: b@Im
Sumber: Humas Kanwil